Monday, June 22, 2020

Alien by Mugler (2005)


Alien adalah adik dari Angel, yang pernah saya review sebelumnya. Sama seperti kakaknya, parfum ini cukup kontroversial di kemunculannya. Diluncurkan tiga belas tahun setelah Angel, komposisi parfum ini jauh lebih sederhana, tapi hasilnya tetap kompleks.

Orang bilang, you’re either an Angel girl or an Alien girl; karena penasaran, saya merasa ‘wajib’ juga mencoba Alien, untuk membuktikan itu. Lagipula, saat melihat notes-nya - jasmine alias melati - saya merasa kayaknya bisa suka, dan tebakan saya benar.

Alien is a different sister of Angel, but with the same inspiration. Mereka sama sekali nggak ada mirip-miripnya, tapi sebagaimana Mugler yang selalu unik dan menonjol, mereka sama-sama menarik perhatian dari semprotan pertama.

Review Parfum Alien - Mugler

Saya dapat parfum ini dalam bentuk decant dari toko langganan saya, ETC di Tokopedia. Buat yang baru mau mulai mengoleksi parfum, atau biasa beli di mal dan ingin coba beli online, rekomendasi utama saya adalah toko ini. Koleksinya lumayan lengkap, harganya nggak mahal, pengiriman cepat banget dan customer service-nya super oke :D

Alien terdiri dari tiga aroma utama: Jasmine Sambac sebagai top note, Woodsy notes di middle notes, dan Amber untuk base note. beberapa review yang saya baca juga mencantumkan solar notes, sesuatu yang awalnya bikin saya bingung. 

Solar = matahari? Apa berarti baunya kayak matahari, orang habis jemur-jemuran? Lah, bingung kan. Sewaktu menyemprotkannya ke badan, baru saya paham. 

Sama seperti Angel, Alien is a bomb. Bukan permen, tapi melati. Melatinya nggak kira-kira, terbayangnya kayak ada ember berisi melati, terus ditumpahkan ke badan. Se”kencang” itu aromanya, almost retro - seperti parfum-parfum zaman dulu yang bisa saya temukan di meja rias milik Eyang.

Aroma melati yang “berat” ini didukung oleh middle notes yang aromanya seperti kayu-kayuan, tapi agak samar. Yang saya rasakan malah solar notes-nya, seperti melati yang terjemur matahari. Aromanya menyebar kemana-mana. Suami saya sampai batuk hahahaha. Padahal cuma tiga kali spray.

Kalau mencium aroma itu saja, saya kayaknya nggak bakal kuat. Namun pelan-pelan Alien akan mengeluarkan aroma yang lebih lembut. Saat saya pakai, saya bisa mencium aroma vanila, tapi sedikit banget, melembutkan aroma jasmine-nya jadi lebih powdery. Drydown-nya lembut dan elegan. Di saya bikin rileks.

Botol full size-nya cantik, berbentuk seperti batu permata dengan warna ungu. Sebenernya kepincut juga pengen full size-nya, namun berhubung daya tahan parfum ini luar biasa, kayaknya butuh bertahun-tahun baru bisa habis. Jadinya saya merasa cukup hanya dengan decant aja, dan beli accordingly :p

Decant Alien by Mugler
botol decant yang saya dapat dari ETC store. Isinya 10ml dan enak untuk dibawa-bawa.

Saya pribadi sih merasa parfum ini works well dengan body chemistry saya, karena lama-lama dia menyatu dengan aroma tubuh, tapi tetap tercium baunya. Huhu pokoknya enak banget, in a different way than Angel.

Plus, parfum ini tahan lama. Di kulit saja bisa tahan seharian, apalagi di pakaian. Saya suka menyemprotkannya di baju sebelum tidur. Soalnya sampai besok masih tercium baunya, dan lebih enak daripada ketika pertama kali disemprotkan. Suami saya awalnya memang batuk, tapi drydown-nya, dia pun suka. 

Nama Alien memang cocok untuk parfum yang aromanya seakan turun dari langit, alias disiram. Jasmine yang kuat dan langsung mengisi penciuman membuatnya terasa “bersinar”. It fits the commercial, somehow.




Parfum ini kayaknya lebih cocok untuk acara spesial malam hari. Di bayangan saya, parfum ini sangat cocok dipakai dengan kebaya, hehehe. Kalau saya pakai buat tidur, itu karena tidur juga hal yang spesial (ngeles).

Untuk di kantor? Bisa sih, tapi satu spray sepertinya cukup. Saya tidak menyarankan, namun kalau mau, lebih cocok digunakan di ruangan ber-AC dan luas  supaya tidak mengganggu orang. Amannya sih, ditunggu sampai sekitar 30 menit agar harumnya sedikit “turun”. Kalau ruangannya kecil, lumayan bikin eneg.

Tapi kalau untuk diri sendiri, I like to wear this perfume and then bask in the bright sunlight. Aromanya menyebar ke sekeliling saya, like an aura, and indeed, you’ll feel a bit like an Alien.


Alien, by Mugler

House: Mugler
Notes: top note: jasmine sambac, middle note: woodsy and solar notes, base note: amber.
Sillage: High. Jangan overspray, satu-dua kali cukup. Segitu juga sudah menyebar ke ruangan.
Longevity: 6+ jam di kulit, 1-2 hari di pakaian.
Suitable for: Evening 

Post a Comment

mari berbagi dengan menulis komentar :) mampir juga ke blog personal saya di tinydolce.com ya :) mohon jangan mencantumkan link hidup, untuk link hidup akan langsung saya hapus.